Faruq Alfero

Pengalaman mengajar: MI Kembiritan th 1990 - 1994, SMP merdeka Sumbersari Srono th 1991 -1994, SMP/MTs, SMA/MA PONPES Salafiyah syafi'iyyah Sukorejo Banyuputih ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kompetisi Sain Madrasah (KSM) 2019 : Ikhtiar Meningkatkan Mutu Daya Saing Lulusan Siswa Madrasah

Kompetisi Sain Madrasah (KSM) 2019 : Ikhtiar Meningkatkan Mutu Daya Saing Lulusan Siswa Madrasah

Mengawali kegiatan pada tahun pelajaran 2019/2020 di madrasah yang nota banenya merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan kegiatan akademik yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM) semacam kegiatan Olimpiade Sain Nasional (OSN) yang diselenggarakan dilingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. KSM dilaksanakan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Seleksi juga dilaksanakan secara bertahap, mulai seleksi tingkat satuan pendidikan, tingkat Kabupaten/kota, tingkat propinsi, dan tingkat nasional.

Soal-soal KSM terintegrasi dengan ilmu keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang akan dituangkan dalam soal yang ada dalam Alqur'an. Soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam islam semisal zakat, falaq, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains secara holistic. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains diluar madrasah.

Secara umun tujuan dilaksanakannya KSM adalah meningkatkan pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi aportivitas dan nilai-nilai islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Secara khuaus tujuan diselenggarakannya KSM antara lain :

a. Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat sibidang sains sehingga dapat menumbuhkembangkan dab mencintai sains

b. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

c. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah.

d. Memberikan keaempatan yang sama bagi siawa madrasah dalam belajar, berkreatifitas, dan meraih prestasi.

Melalui kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dapat diharapkan sebagai berikut :

1. Berkembangnya bakat dan minat dibidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sain.

2. Siswa madrasah memiliki motivasi untum selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi menjadi yang terbaik dibidangnya.

3. Berkembangnya budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa madrasah.

4. Terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat selanjutnya.

5. Menghasilkan siswa-siswa terbaik diaetiap bidang dan menjadi sumberdaya manusia yang mencintai bidang keislaman.

Madrasah Hebat Bermartabat

Lebih baik madrasah, madrasah lebih baik

Banyuwangi, 18 Juli 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan sangat komprehensif tentang KSM, tulisan yang sarat informasi tentang KSM. Kereen. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

21 Jul
Balas



search

New Post